Ritual Tutup Tahun

Menjelang tutup tahun dan memasuki tahun yang baru, ada saja kegiatan yang dilakukan, yang merupakan suatu rutinitas, tradisi atau kebiasaan seseorang atau komunitas. Selain pesta kembang api, meniup terompet menjelang tahun baru merupakan kebiasaan dikota-kota besar.

Selain ritual sembahyang, ada pula ritual mempersembahkan sesajen bagi leluhur, ziarah kubur dan lain-lain. Beberapa teman yang saya kenal bercerita kalau mereka mengakhiri tahun dengan mandi air jeruk purut atau air bunga tujuh rupa. Dengan mandi bunga atau jeruk purut diharapkan setidaknya raga menjadi bersih dan segar, sehingga jiwapun menjadi bersih, pokoknya serba bersih untuk memasuki tahun yang baru.

Untuk meninggalkan semua yang kurang baik, ada pula yang sengaja mengganti cat rumah, atau mengganti interior rumah dan mengubah tata letak perabotan.

Tidak sedikit pula yang memasuki tahun baru dengan berkumpul bersama keluarga, saling memaafkan, introspeksi diri dan berdoa bersama. Pesta perayaan tahun baru juga diyakini merupakan sesuatu yang baik dan wajar dilakukan karena memasuki tahun yang baru atau sesuatu yang baru dengan harapan baru sebaiknya diawali dengan kegembiraan, keceriaan dan optimisme.

Tahun 2008 hampir berakhir. Apa yang terjadi di tahun 2008 tidak mungkin dapat diubah, tetapi dapat menjadi suatu pedoman untuk melakukan sesuatu yang lebih baik di tahun 2009.

Berbagai musibah, bencana alam, dan kerusuhan yang terjadi semoga menjadikan bangsa ini menjadi lebih kuat, mapan dan bijaksana dalam menyikapi dan menghadapi berbagai tantangan kehidupan berbangsa dimasa datang.

Buat saya waktu terasa sangat cepat berlalu. Rasanya baru saja saya ikut heboh memasuki tahun 2000, tahun millennium baru – dari tahun seribu sekian menjadi tahun dua ribu. Tanpa terasa sekarang sudah 8 tahun berlalu sejak awal milennium baru. To leave the past, but not to forget. Welcome the new year with best wishes.

Selamat tinggal tahun 2008, selamat datang 2009.

Selamat memasuki tahun 2009.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: